Kamis, 16 Oktober 2008






(NIC (Network Interface Card)




Kartu jaringan atau Lan card dipasang pada setiap komputer yang akan dihubungkan ke suatu jaringan computer. Banyak jenis dan merk kartu jaringan yang tersedia di pasar, namun beberapa hal pokok yang perlu diketahui dari kartu jaringan yaitu type kartu ISA atau PCI dengan kecepatan 10 atau 10/100 Mbps, harus disesuaikan dengan tipe Ethernet HUB atau switching yang akan digunakan, jenis protocol dan jenis kabel yang didukungnya disamping itu juga mengesampingkan kwalitas produk. Komputer jenis terbaru tidak dilengkapi dengan slot ISA bahkan Network Interface umumnya merupakan Onboard system artinya sudah tersedia pada mainboard sehingga tidak perlu lagi dipasang Lan Card Sesuai dengan besarnya tingkat kebutuhan akan jaringan komputer, sudah banyak mainboard komputer jenis terbaru dilengkapi kartu jaringan secara on board. Kwalitasnya bagus namun penulis berpendapat lebih baik menggunakan kartu jaringan yang terpisah. Salah satu keuntungannya adalah dapat memilih merk tertentu dan mudah diganti apabila terjadi kerusakan.

Ethernet



Dalam Wikipedia, ‘ethernet’ merupakan jenis skenario perkabelan dan pemrosesan data jaringan komputer yang dikembangkan oleh Robert Metcalfe dan David Boggs pada tahun 1972. Kata’ Card’ berarti kartu. Jadi, ethernet card adalah kartu ethernet.
Lalu, apa kaitannya ethernet card dengan internet? Begini, kalau anda koneksi internetnya via Telkomnet Instan, maka sudah jelas tidak diperlukan ethernet card. Karena konektor penghubung modem ke PC biasanya Serial atau USB.
Nah, kalau pakai Speedy barulah kemungkinan besar diperlukan ethernet card ini. kang Wawan saat ini pakai Speedy, dan modem gratis yang diberikan bung TELKOM memakai port RJ-45. Sudah pasti PC harus tersedia ethernet card. Beruntung PC kang Wawan sudah dilengkapi ethernet card bawaan alias ‘onboard’.
Gambar Pemasangan Ethernet Card atau NIC Sumber: http://www.embarq.com/
Sebetulnya bukan masalah pakai Speedy ataukah Telkomnet Instan itu yang menjadi alasan mengapa kang Wawan bicarakan ethernet card itu disini. Alasan pokoknya adalah bahwa ethernet card atau NIC diperlukan jika akses internet itu dilakukan lewat jaringan komputer, yang di-sharing dari komputer server. Jelasnya, lihat gambar berikut:


Gambar Sharing Koneksi Internet Sumber: http://ask-leo.com/

Ethernet card yang terpasang pada setiap komputer dalam jaringan itulah yang berperan sebagai antar-muka (interface) pertukaran informasi dan komunikasi data, termasuk koneksi internet!
Gambar Sharing Koneksi Internet dalam jaringan rumah Sumber: www.conniq.com

Memasang ethernet card (NIC) tak jauh beda dengan pemasangan modem internal, yaitu pada slot PCI.
Satu hal yang perlu dicatat disini bahwa setiap ethernet card (NIC) memiliki alamat kontrol akses media (Media Access Control Address atau MAC Address). MAC Address merupakan implementasi alamat jaringan yang merepresentasikan sebuah node tertentu dalam jaringan. (Dengan serentak pada murid berteriak: WAH, susah ngertinya pak!!!!).
Begini saja, bahwa setiap ethernet card punya suatu ‘catatan’ alamat tertentu yang disebut MAC Address, sehingga tidak mungkin ada dua ethernet card di dunia ini yang memiliki MAC Address sama. Dari pabriknya memang sudah dibuat seperti itu.

Local Talk ConectorLocalTalk
Local tab connector adalah kartu jaringan buat komputer macintosh, ini menggunakan sebuah kotak adapter khusus dan kabel yang terpasang ke Port untuk printer. Kekurangan dari LocalTalk dibandingkan Ethernet adalah kecepatan laju transfer datanya, ethernet di jaringan komputer bukanlah sesuatu yang baru saat ini. Hampir di setiap perusahaan terdapat jaringan komputer untuk memperlancar arus informasi di dalam perudahaan tersebut. Internet yang mulai populer saat ini adalah suatu jaringan komputer raksasa yang merupakan jaringan jaringan komputer yang terhubungan dan dapat saling berinteraksi.Local Talk

Token Ring CardToken Ring

adalah sebuah cara akses jaringan berbasis teknologi ring yang pada awalnya dikembangkan dan diusulkan oleh Olaf Soderblum pada tahun 1969. Perusahaan IBM1984. Elemen kunci dari desain Token Ring milik IBM ini adalah penggunaan konektor buatan IBM sendiri ( selanjutnya membeli hak cipta dari Token Ring dan memakai akses Token Ring dalam produk IBM pada tahun proprietary), dengan menggunakan kabel twisted pair, dan memasang hub aktif yang berada di dalam sebuah jaringan komputer.

Sambungan komputer dalam topologi ring

Pada tahun 1985, Asosiasi IEEE di AS meratifikasi standar IEEE 802.5 untuk protokol (cara akses) Token Ring, sehingga protokol Token Ring ini menjadi standar internasional. Pada awalnya, IBM membuat Token Ring sebagai pengganti untuk teknologi Ethernet (IEEE 802.3) yang merupakan teknologi jaringan LAN paling populer. Meskipun Token Ring lebih superior dalam berbagai segi, Token Ring kurang begitu diminati mengingat beaya implementasinya lebih tinggi jika dibandingkan dengan Ethernet. Spesifikasi asli dari standar Token Ring adalah kemampuan pengiriman data dengan kecepatan 4 megabit per detik (4 Mbps), dan kemudian ditingkatkan empat kali lipat, menjadi 16 megabit per detik. Pada jaringan topologi ring ini, semua node yang terhubung harus beroperasi pada kecepatan yang sama. Implementasi yang umum terjadi adalah dengan menggunakan ring 4 megabit per detik sebagai penghubung antar node, sementara ring 16 megabit per detik digunakan untuk backbone jaringan. Beberapa spesifikasi dan standar teknis Token Ring yang lain, seperti enkapsulasi Internet Protocol (IP) dan Address Resolution Protocol (ARP) dalam Token Ring dijelaskan dalam RFC 1042. Dengan Token-Ring, peralatan network secara fisik terhubung dalam konfigurasi (topologi) ring di mana data dilewatkan dari devais/peralatan satu ke devais yang lain secara berurutan. Sebuah paket kontrol yang dikenal sebagai token akan berputar-putar dalam jaringan ring ini, dan dapat dipakai untuk pengiriman data. Devais yang ingin mentransmit data akan mengambil token, mengisinya dengan data yang akan dikirimkan dan kemudian token dikembalikan ke ring lagi. Devais penerima/tujuan akan mengambil token tersebut, lalu mengosongkan isinya dan akhirnya mengembalikan token ke pengirim lagi. Protokol semacam ini dapat mencegah terjadinya kolisi data (tumbukan antar pengiriman data) dan dapat menghasilkan performansi yang lebih baik, terutama pada penggunaan high-level bandwidth. Ada tiga tipe pengembangan dari Token Ring dasar: Token Ring Full Duplex, switched Token Ring, dan 100VG-AnyLAN. Token Ring Full Duplex menggunakan bandwidth dua arah pada jaringan komputer. Switched Token Ring menggunakan switch yang mentransmisikan data di antara segmen LAN (tidak dalam devais LAN tunggal). Sementara, standar 100VG-AnyLAN dapat mendukung baik format Ethernet maupun Token Ring pada kecepatan 100

Hub atau Concentrator


adalah perangkat jaringan yang terdiri dari banyak port untuk menghubungkan Node atau titik hup-dan-switch.jpgsehingga membentuk jaringan yang saling terhubung dalam topologi star. Jika jumlah port yang tersedia tidak cukup untuk menghubungkan semua komputer yang akan dihubungkan ke dalam satu jaringan dapat digunakan beberapa hub yang dihubungkan secara up-link. Port yang tersedia biasanya sampai 8, 16, 24 atau lebih banyak sesuai kebutuhan Anda. Untuk kecepatan, Anda dapat menggunakan HUB 10 atau Switch 10/100. Sebaiknya menggunakan 10/100 karena dapat digunakan untuk jaringan berkecepatan maksimal 10 atau 100. Hub ada yang mendukung pemggunaan kabel coax yang menukung topologi BUS dan UTP yang mendukung topologi STAR. Namun type terbaru cenderung hanya menyediakan dukungan untuk penggunaan kabel UTP.

Kabel UTP
Ada beberapa jenis kabel yang digunakan dalam jaringan network, namun yang paling banyak dipakai pada private network/Local Area Network saat ini adalah kabel UTP.

cross Over
Cross over kabel adalah jenis kabel yang digunakan untuk menghubungkan perangkat komputer khususnya yang berhubungan dengan jaringan dengan device yang sama atau sejenis, seperti antara :
Switch to switch
Switch to hub
Hub to hub
Router to router
PC to PC
Router to PC














Kabel Pinout Cross over

Kalo disimak gambar diatas, maka kita dapat memasang atau membuat kabel jenis crossover dengan mudah. Tinggal menyusun kabel berdasarkan urutan warna pada tabel connection 1 untuk kepala kabel pertama dan urutan warna pada tabel connection 2 untuk kepala kabel kedua. Sehingga kita bisa lihat hasilnya seperti berikut :

Konektor RJ-45
Konektor 8P8C alias Konektor RJ-45Untuk menghubungkan kabel UTP dengan Ethernet, diperlukan sebuah konektor, yang bernama 8P8C, atau biasa konektor RJ-45.Gambar Connector / Konektor 8P8C ( 8 Position 8 Connector) alias konektor RJ-45yang belumdipakai :Urutan Pin pada konektor RJ-45 :Connector 8p8c alias Konektor RJ-45 yang sudah dipasang pada kabel UTP.

kabel stright:
kabel straight adalah kabel yang sangat simpel karena untuk konfigurasi nya adalah tetap. kabel ini digunakan untuk jaringan yang melewati hub atau antar komputer tidak terhubung langsung tapi melewati sebuah media. biasanya kabel ini digunakan untuk jaringan lokal dengan hub sebagai perantaranya. jadi intinya adalah antara pin yang satu dengan ujung yang lain urutan kabel nya sama yaitu : putih orange, orange, putih hijau, biru, biru putih, hijau, putih coklat, coklat.













Repeater
adalah suatu alat untuk menguatkan kembali sinyal listrik yang lebah.setelah menempuh perjalanan yang mungkin jauh, sinyal listrik akan mengalami pelemahan atau penurunan kekuatan sinyal dikarenakan ada beberapa faktor alam seperti interferensi.maka untuk menguatkan kembali sinyal tersebut maka gunakanlah repeater jarak maksimal untuk repeater adalah 100 m.




Bridge
Bridge digunakan untuk menghubungan antar jaringan yang mempunyai protokol yang sama. Hasil akhirnya adalah jaringan logis tunggal. Bridge juga dapat digunakan jaringan yang mempunyai media fisik yang berbeda. Contoh jaringan yang menggunakan fiber obtik dengan jaringan yang menggunakan coacial.

Bridge mempelajari alamat tujuan lalulintas yang melewatinya dan mengarahkan ke tujuan. Juga digunakan untuk menyekat jaringan. Jika jaringan diperlambat dengan adanya lalulintas yang penuh maka jaringan dapat dibagi menjadi dua kesatuan yang lebih kecil













































































.





























































































































































Router











































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































.


















































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































posted by Tintatintaku @ 00.25  
0 Comments:
Posting Komentar
<< Home
 
About Me

Name: Tintatintaku
Home:
About Me:
See my complete profile
Previous Post
Archives
Links
Template by

Blogger Templates

BLOGGER